Tuesday, August 2, 2016

Khasiat Manfaat Brotowali Untuk kesehatan

Sempatkah sahabat tahu atau malahan lihat tanaman brotowali ini? atau mungkin saja pernah meminum jamu tradisional besutan tanaman brotowali ini. Untuk kalian yang belum tahu, admin kasih bocoran ne.. hal yang tak bakal admin lupa besutan tanaman ini adalah pahit yang mengagumkan. Sebab dahulu admin penasaran oleh tanaman ini, lalu rekan admin menyampaikan yang menjelaskan tanamannya enak, namun saat tanaman itu sedikit saja melekat di lidah... pahitnya tdak hilang – hilang. Apa sekali lagi bila minum jamunya ya? wah gak kebayang pahitnya misal apa. Dahulu sih admin pernah trauma oleh tanaman ini. Namun nyatanya sesudah admin baca – baca berita serta mendengar besutan ada banyak orang di kisaran admin, nyatanya tanaman ini begitu keren kepada kesehatan. Sebab kandungan zat yang di dalamnya yang begitu elegan kepada kesehatan. Malahan dapat menyembuhkan beragam penyakit serta masalah kesehatan. Misal umum sebelumnya admin menerangkan dalam hal faedah serta manfaat itu. Mari kita cobalah mengetahui tanaman brotowali unggul mendalam.

Baca selengkapnya di --->>  Manfaat Brotowali

Manfaat Brotowali Untuk kesehatan


Bratawali, brotowali, atau akar aliali (Tinospora crispa (L.) Miers ex Hoff. f. ; pula T. cordifolia (Thunb.) Miers serta T. rumphii Boerl.) merupakan tanaman obat tradisional Tanah air yang umum ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di rimba. Di Tanah air, terkecuali di kenal oleh nama bratawali/brotowali, tanaman ini pula di kenal oleh nama daerah andawali, antawali, putrawali atau daun gadel. Klasifikasi besutan tanaman ini termasuk juga dalam famili tanaman Menispermacea. Tumbuhan ini suka pada tempat panas, berbentuk perdu memanjat, tetras batang hingga 2, 5 m. Batang berkapasitas jari kelingking, berbintil-bintil rapat yang rasa-rasanya pahit, misal sirih. Daun tunggal, bertangkai, berupa misal jantung atau sedikit bundar misal telur oleh ujung lancip, panjang 7-12 cm, lebar 5-10 cm, bunga kecil, berwarna hijau muda. Tidak cuma itu saja, Bratawali pula bisa diperbanyak oleh stek. (Sumber : http :// id. wikipedia. org/wiki/Bratawali)
Kandungan Zat Kimia Brotowali

Batang serta daun brotowali mengandung alkaloid, dammar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, harsa, berberin, serta palmatin. Akarnya mengandung alkaloid, berberin, serta kolumbin.

Faedah serta Manfaat Tanaman Brotowali

Obat Demam
Kalian bisa menganbil 2 jari batang brotowali rebus oleh 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas, campur madu seperlunya serta minum satu hari 2 kali ½ gelas.
Obat Demam Kuning (Icteric)
Brotowali kepada penyakit kuning 1 jari batang brotowali dicuci serta potong potong, rebus oleh 3 gelas air sampai tersisa 1, 5 gelas. Minum ramuan ini oleh madu seperlunya. Satu hari 2 kali oleh ukuran ¾ gelas.
Obat Gatal-gatal
Rebus 20 g batang brotowali oleh 2 gelas air hingga airnya tinggal 1/2. Diamkan hingga sedikit dingin, sebelumnya gunakan kepada merendam sektor yang gatal. Kerjakan 2x satu hari.
Obat Luka, Koreng, atau Kudis

No comments:

Post a Comment